Tips Mengatasi Jerawat dan Kulit Berminyak Secara Alami

Tips mengatasi jerawat yang tepat adalah mengetahui sebelumnya apa saja penyebab timbulnya jerawat. Dari penyebab ini kita akan mengetahui solusi tepat untuk menghilangkan jerawat dari kulit. Penyebab awalnya diakibatkan karena kondisi kulit di mana pori-pori dalam keadaan tersumbat oleh kotoran, bakteri, minyak, lemak dan sel-sel kulit mati. Keadaan kulit yang berjerawat awalnya muncul yang namanya komedo yakni sumbatan pada pori-pori kulit yang berwarna hitam (black head) atau putih (white head) sehingga terlihat tonjolan di bawah kulit. Ada pula jenis jerawat biasa yang timbul karena terinfeksI oleh bakteri sehingga meradang yakni berwarna kemerahan. Untuk jerawat yang bernanah artinya jerawat sudah menjadi lebih parah dan perlu penanganan yang ekstra.

Penyebab timbulnya jerawat diindikasikan oleh berbagai sebab di antaranya:


1. Faktor genetis atau keturunan.
2. Faktor hormonal yang biasanya dialami usia remaja.
3. Faktor kehamilan di mana terjadi perubahan hormon.
4. Faktor stress karena banyak pikiran.
5. Faktor kebersihan kulit, tentunya jika tidak bersih, akan menjadi tempat berkembangnya bakteri pada pori-pori kulit yang tersumbat.
6. Faktor kondisi kulit yang masing-masing memiliki sensitifitas yang berbeda terhadap reaksi pemakaian kosmetik.

Bagaimana dengan kondisi kulit Anda yang berjerawat? Faktor mana yang menjadi penyebab kulit Anda berjerawat? Nah, dari situ Anda bisa mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus Anda lakukan selanjutnya. Dan inilah tips merawat jerawat sesuaikan dengan kondisi masalah jerawat Anda yaa.

1. Jika Anda memiliki orang tua yang mempunyai kulit berjerawat, maka Anda pun akan berjerawat. Solusinya Anda perlu perawatan wajah secara alami dari dalam dan dari luar. Apakah seumur hidup Anda akan berjerawat? Belum tentu, karena seiring bertambah usia, hormonal seseorang bisa berubah dan ini turut memperngaruhi perkembangan jerawat.

2. Bila Anda termasuk usia remaja, Anda belum bisa menahan perubahan hormonal, karena Anda masih dalam usia produktif di mana Anda mengalami masa transisi dari anak-anak menjadi dewasa. Yang perlu dikendalikan adalah asupan makanan atau minuman yang dapat memicu timbulnya jerawat.

3. Telitilah memilih bahan-bahan yang terkandung di dalam kosmetik yang akan Anda gunakan. Ini seperti halnya asupanan makanan dan minuman yang bisa memicu timbulnya jerawat. Untuk itu konsultasikan kepada dokter kulit, bagaimana kondisi kulit Anda yang sebenarnya dan bahan-bahan kosmetik apa saja yang sebaiknya dihindari dan yang aman untuk digunakan.

4. Kendalikan keinginan Anda untuk memegang dan memencet jerawat Anda meski baru menjadi komedo sekalipun. Kondisi kulit yang berjerawat sangan rentan terhadap bakteri, dan perhatikan kebersihan kulit wajah dan tangan Anda. Sesasi memencet jerawat memang membuat ketagihan, namun pikirkan lagi dampaknya. Jerawat yang dipencet akan menjadi lebih meradang dan komedo yang dipencet bisa berkembang menjadi jerawat yang meradang. Bukannya menghilangkan jerawat dengan sekali pencet, tapi malah memperbanyak timbulnya jerawat.

Tips Mencegah Jerawat Tumbuh dan Datang Lagi


Selain itu, Anda bisa meminta second opinion atau pendapat dari teman atau kenalan Anda yang pernah berjerawat. Bertukarpikiran dari mereka yang berpengalaman dengan jerawat bisa membantu kita menemukan solusi yang tepat. Bisa jadi kondisi kulit berjerawat kita sama dengan mereka, dan kita bisa mencoba produk yang disarankan. Namun kendalanya jika ternyata produk pembasmi jerawat itu tidak cocok dengan kita, kita menghadapi 2 masalah baru yakni:

1. Memberhentikan pemakaian produk tersebut lalu dengan cepat mencoba pemakaian produk lain. Mungkin saja pemakaian produk A tidak secepat yang Anda harapkan. Yang perlu Anda sadari adalah kondisi kulit manusia dan reaksinya terhadap pemakaian kosmetik berbeda-beda. Jadi harap bersabar dan konsultasikan dengan yang ahli seperti dokter kulit.

2. Membiarkan sama sekali wajah tidak menggunakan produk penghilang jerawat. Kulit berjerawat perlu penanganan yang serius dan berkelanjutan. Jika Anda sama sekali tidak menggunakan produk untuk memberantas jerawat, jerawat Anda bisa menjadi lebih parah dan waktu yang dibutuhkan untuk proses penyembuhannya bisa memakan waktu yang lama.

Jadi sangat penting ya untuk bersikap sabar menghadapi jerawat yang membandel. Faktor lingkungan sekitar di mana polusi udara, paparan sinar matahari, lingkungan yang kotor dan tidak higienis tentunya kita tidak bisa menghindarinya. Yang perlu dilakukan adalah rutin menjaga sekaligus merawat kebersihan kulit wajah, tangan dan pikiran kita. Cukup simple kan cara menghilangkan jerawat nya?
Suka artikel ini ?

About Desi sulatri

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan